Blender adalah program 3D dan animasi
yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat
didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor
dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak ada
sifat royalti kepada developer, dan dapat
dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender
merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender
mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program
modeling 3D lainnya.
Keunggulan
Blender 3D
- Interface yang
user friendly dan tertata rapi.
- Tool untuk
membuat objek 3D yang lengkap meliputi
modeling, UV mapping,
- texturing,
rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi
lainnya, scripting, rendering, compositing, post
production dan game creation.
- Cross Platform,
dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
- bisa anda gunakan
untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi
yang lainnya.
- Kualitas
arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan
bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
- File Berukuran
kecil.
- Free (gratis).
Oleh karena itu, lewat software Blender inilah
saya akan mencoba membuat suatu objek yang menarik.
Membuat Ruangan Luar angkasa
Perbesar
kubus sesuai dengan luas area luar angkasa yang
akan dibuat dengan cara tekan tombol s lalu gerakkan mouse sampai didapatkan luas yang pas. Kita juga dapat
memperbesar kubus sesuai dengan sumbu x, y, atau z dengan cara tekan tombol
s+sumbu nya.
Membuat Ufo
Kemudian gunakan shrink/fatten untuk
melebarkan atau mengecilkan sisi tersebut. Disini saya menariknya agar lebih
lebar sehingga membentuk sebuah ufo.
Lakukan perubahan-perubahan unik pada objek dengan menyeleksi
bagian-bagiannya lalu lakukakn translate atau shrink/fatten seperti tadi.
Langkah terakhir adalah memberi warna pada bagian-yang diinginkan.
Membuat Alien
1. Buatlah objek uv sphere dengan meng-klik pada menu add
lalu klik mesh. Agar objek lebih halus permukaannya maka tambahkan smooth
dimenu samping kiri.
2. Buatlah seleksi faces pada bagian setengah lingkaran pada
edit mode seperti dibawah ini dengan mengklik c untuk mengaktifkan brush
seleksi. Lalu delete pada seleksi tersebut.
3. Karena kita telah mendelete setengah bagian maka kita
membutuhkan modifier mirror untuk memuat efek cermin pada objek dengan mengklik
pada menu modifier pada bagian kanan lalu klik modifier mirror.
4. Pada
Bagian atas buatlah seleksi lagi untuk menarik objek agar terlihat lonjong
dengan membuat extrude yaitu klik e pada keyboard sehingga hasilnya seperti ini
5. Buatlah beberapa bagian pada tengah objek dengan cara
klik ctrl + R untuk membuat bagian tangan.
6. Untuk bagian tangan, seleksi faces pada beberapa bagian
untuk kita extrude nantinya dan membentuk tangan.
7. Buatlah beberapa bagian lagi dengan ctrl + R pada bagian
tangan tersebut untuk otot pada alien. Setelah terbentuk beberapa bagian kita
pilih seleksi vertex untuk dapat ditarik dan dijadikan bentuk otot.
8. Pada bagian ujung tangan kita akan membuat jari dengan
cara klik seleksi face dan buatlah extrude pada seleksi yang kita pilih.
Setelah di extrude kita rotate agar membentuk efek jari pada alien.
9. Untuk kaki kita lakukan cara yang sama seperti tangan
dengan extrude lalu rotate dan dilanjut
dengan shrink/fatten.
10. Untuk mata buatlah uv sphere lalu potong setengah bagian
bola tersebut dan buatlah seleksi seperti dibawah ini untuk iris mata. Lalu
posisikan mata pada tubuh alien dan beri warna pada mata.
11. Setelah
itu, mulai membuat armature, pertama, klik add, lalu klik armature, lalu klik
single bone.
12. Masukkan bone ke dalam objek, untuk mempermudah,
tekan z pada keyboard untuk memastikan bahwa bone benar-benar ada di dalam
objek. Lalu pada tools klik subdivision untuk membag tulang,
disini saya membagi menjadi 5 bagian.
13. Lalu,
masuk ke dalam object, lalu ceklis x-ray pada display seperti pada gambar di
bawah ini. Penggunaan x-ray dimaksudkan agar bone yang ada terlihat tembus
pandang dari objek. Untuk membuat
tulang perpanjangan ke tangan dan ke kaki pilih klik tulangnya, edit mode,
pilih titih bawah tulang dan exterlude (shortcut e) dan lakukan hal yang sama
pada semua tulang.
15. Kita akan membuat animasi pada objek pertama kita masuk
ke pose mode. Setelah kita yakin kita ada di
frame 1 lalu Pilih bone yang akan digerakkan, lalu
tekan r pada keyboard untuk menggerakkan objek, lalu tekan I pada keyboard, lalu pilih
LocRot untuk mengunci posisi dan rotasi. Kemudian untuk gerakan
selanjutnya klik pada frame selanjutnya misalnya frame 5 lalu buat perubahan
objek kemudian lakukan kembali penguncian dengan klik I dan locrot.
16. Untuk merender video animasi kita adalah dengan cara Pada
tab outliner sebelah kanan tekan tombol render. Lalu scroll kebawah, temukan
menu output dibawah, ganti path temp menjadi folder yang Anda inginkan,
contohnya ke Desktop. Ganti pula outputnya menjadi AVI, ataupun file movie yang
lainnya.
17.Yang terakhir pergi ke menu render, lalu pilih Render
Animation atau tekanCtrl+F12. Setelah itu untuk menjalankan nyang sudah
dirender bisa menggukanan menu Play Rendered Animation atau dengan menakan
Ctrl+F11. Tunggu hingga proses render selesai.
18. Berikut
ini hasil export video AVI yang kita render.
Comments
Post a Comment