Karakter 3D - FUNNY ALIEN

Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalti  kepada  developer,  dan  dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.
Keunggulan Blender 3D
  • Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  • Tool  untuk membuat  objek  3D  yang  lengkap meliputi modeling,  UV mapping,
  • texturing,  rigging,  skinning,  animasi,  particle  dan  simulasi  lainnya,  scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
  • Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
  • bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  • Kualitas  arsitektur 3D  yang  berkualitas  tinggi dan  bisa  dikerjakan dengan  lebih cepat dan efisien.
  • File Berukuran kecil.
  • Free (gratis).
 Oleh karena itu, lewat software Blender inilah saya akan mencoba membuat suatu objek yang menarik.

Membuat Ruangan Luar angkasa
Pada kubus yang sudah ada pada awal blender seleksilah pada 4 bagian kanan kiri atas depannya di edit mode seperti dibawah ini setelah itu klik x atau tekan delete untuk menghapus keepat bagian itu.
Perbesar kubus sesuai dengan luas area luar angkasa yang akan dibuat dengan cara tekan tombol s lalu gerakkan mouse sampai didapatkan luas yang pas. Kita juga dapat memperbesar kubus sesuai dengan sumbu x, y, atau z dengan cara tekan tombol s+sumbu nya.
Dibawah ini adalah hasil setelah dirender.


Membuat Ufo
Untuk membuat ufo, kita gunakan uv spehere pada menu add+mesh. Lalu, ubah tampilan dari object mode ke edit mode buatlah seleksi edge. Lalu buatlah seleksi seperti dibawah ini.
Kemudian gunakan shrink/fatten untuk melebarkan atau mengecilkan sisi tersebut. Disini saya menariknya agar lebih lebar sehingga membentuk sebuah ufo.


Lakukan perubahan-perubahan unik pada objek dengan menyeleksi bagian-bagiannya lalu lakukakn translate atau shrink/fatten seperti tadi. Langkah terakhir adalah memberi warna pada bagian-yang diinginkan.

Membuat Alien
1.    Buatlah objek uv sphere dengan meng-klik pada menu add lalu klik mesh. Agar objek lebih halus permukaannya maka tambahkan smooth dimenu samping kiri.
2. Buatlah seleksi faces pada bagian setengah lingkaran pada edit mode seperti dibawah ini dengan mengklik c untuk mengaktifkan brush seleksi. Lalu delete pada seleksi tersebut.
3. Karena kita telah mendelete setengah bagian maka kita membutuhkan modifier mirror untuk memuat efek cermin pada objek dengan mengklik pada menu modifier pada bagian kanan lalu klik modifier mirror.
4. Pada Bagian atas buatlah seleksi lagi untuk menarik objek agar terlihat lonjong dengan membuat extrude yaitu klik e pada keyboard sehingga hasilnya seperti ini
5. Buatlah beberapa bagian pada tengah objek dengan cara klik ctrl + R untuk membuat bagian tangan.
6. Untuk bagian tangan, seleksi faces pada beberapa bagian untuk kita extrude nantinya dan membentuk tangan.
7. Buatlah beberapa bagian lagi dengan ctrl + R pada bagian tangan tersebut untuk otot pada alien. Setelah terbentuk beberapa bagian kita pilih seleksi vertex untuk dapat ditarik dan dijadikan bentuk otot.
8.  Pada bagian ujung tangan kita akan membuat jari dengan cara klik seleksi face dan buatlah extrude pada seleksi yang kita pilih. Setelah di extrude kita rotate agar membentuk efek jari pada alien.


9.    Untuk kaki kita lakukan cara yang sama seperti tangan dengan extrude  lalu rotate dan dilanjut dengan shrink/fatten.



10. Untuk mata buatlah uv sphere lalu potong setengah bagian bola tersebut dan buatlah seleksi seperti dibawah ini untuk iris mata. Lalu posisikan mata pada tubuh alien dan beri warna pada mata.
11. Setelah itu, mulai membuat armature, pertama, klik add, lalu klik armature, lalu klik single bone.
12. Masukkan bone ke dalam objek, untuk mempermudah, tekan z pada keyboard untuk memastikan bahwa bone benar-benar ada di dalam objek. Lalu pada tools klik subdivision untuk membag tulang, disini saya membagi menjadi 5 bagian.
13. Lalu, masuk ke dalam object, lalu ceklis x-ray pada display seperti pada gambar di bawah ini. Penggunaan x-ray dimaksudkan agar bone yang ada terlihat tembus pandang dari objek. Untuk membuat tulang perpanjangan ke tangan dan ke kaki pilih klik tulangnya, edit mode, pilih titih bawah tulang dan exterlude (shortcut e) dan lakukan hal yang sama pada semua tulang.
14. Untuk menyatukan armature dan object masuk ke object mode klik objectnya , lalu klik tulangnya, lalu tekan ctrl + p , pilih  width automatic weight. Sehingga tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.
15. Kita akan membuat animasi pada objek pertama kita masuk ke pose mode. Setelah kita yakin kita ada di frame 1 lalu Pilih bone yang akan digerakkan, lalu tekan r pada keyboard untuk menggerakkan objek, lalu tekan I pada keyboard, lalu pilih LocRot untuk mengunci posisi dan rotasi. Kemudian untuk gerakan selanjutnya klik pada frame selanjutnya misalnya frame 5 lalu buat perubahan objek kemudian lakukan kembali penguncian dengan klik I dan locrot.
16. Untuk merender video animasi kita adalah dengan cara Pada tab outliner sebelah kanan tekan tombol render. Lalu scroll kebawah, temukan menu output dibawah, ganti path temp menjadi folder yang Anda inginkan, contohnya ke Desktop. Ganti pula outputnya menjadi AVI, ataupun file movie yang lainnya.

17.Yang terakhir pergi ke menu render, lalu pilih Render Animation atau tekanCtrl+F12. Setelah itu untuk menjalankan nyang sudah dirender bisa menggukanan menu Play Rendered Animation atau dengan menakan Ctrl+F11. Tunggu hingga proses render selesai.

18. Berikut ini hasil export video AVI yang kita render.





Comments